Jadwal Laga Perdana Ligue1 2017-2018

Pembukaan kompetisi Ligue1 musim 2017-2018 hanya tinggal menghitung hari. Dan beberapa klub papan atas seperti Paris Saint-Germain, AS Monaco, Olympique Lyonnais dan Olympique Marseille telah mempersiapkan diri untuk menjalani laga pembuka Ligue1. Dari keempat raksasa Perancis tersebut Monaco dan PSG akan bertanding serentak pada Sabtu, 5 Agustus 2017.

Monaco akan buktikan hengkangnya Mbappe tak akan pengaruhi performa tim
Monaco akan buktikan hengkangnya Mbappe tak akan pengaruhi performa tim

PSG dan Monaco masing-masing akan menjamun sang tamu Amiens dan Toulouse. Sementara itu bagi Lyon dan Marseille akan bertanding keesokan harinya. Lyon akan bermain lebih dulu pada Minggu, 6 Agustus 2017 menghadapi Strasbourg di markas mereka Parc Olympique Lyonnais. Sedangkan Marseille akan bermain pada Senin, 7 Agustus 2017 dini hari menghadapi Dijon di Stadion Velodrome, Marseille.

Laga pembuka Liga Perancis yang akan digelar pada pekan depan tersebut diprediksi akan berlangsung cukup panas. Mengingat keempat penguasa Ligue1 tersebut akan bermain sebagai tuan rumah. Hasil dari laga perdana tersebut akan menentukan siapa yang akan mengisi pos empat besar klasemen Ligue1 musim 2017-2018.

Selain keempat tim tersebut, ada satu sosok yang akan menjadi sorotan di musim depan. Adalah OGC Nice yang pada musim lalu berhasil finish di urutan ketiga. Nice yang biasanya sulit untuk menembus posisi tiga teratas klasemen Liga Perancis berhasil menggebrak musim lalu seiring dengan cemerlangnya performa Mario Balotelli sebagai ujung tombak mereka.

Jadwal Pertandingan Monaco dan PSG : Sabtu, 5 Agustus 2017

Dua tim teratas Ligue1 Perancis musim lalu, AS Monaco dan Paris Saint-Germain akan melakoni laga pembuka kompetisi musim ini secara bersamaan. PSG berniat untuk membayar kegagalan mereka musim lalu yang menyerahkan tahta kepada AS Monaco. Sedangkan Monaco sendiri tidak akan menyerahkannya dengan begitu mudah.

PSG optimis Alves bisa mendongkrak prestasi mereka musim ini
PSG optimis Alves bisa mendongkrak prestasi mereka musim ini

Monaco akan menjamu Toulouse di markas mereka, Stade de Louis II. Meski diprediksi mampu mengatasi perlawanan tim tamu, laga ini akan berat untuk Monaco. Adalah kepergian dua pemain kunci mereka pada musim lalu, Benjamin Mendy dan Kylian Mbappe. Kedua nama tersebut resmi meninggalkan Les Rouge et Blanc pada bursa transfer musim ini.

Sementara Paris Saint-Germain diprediksi akan menang dengan cukup mudah atas sang tamu, Amiens. Klub asal Ibukota Perancis, Paris tersebut terlihat cukup siap menyambut musim 2017-2018 ini sebab mereka baru saja menambah amunisi tim. Les Parisien berhasil mendapatkan jasa bek sayap asal Brasil, Daniel Alves.

Dengan ini, skuad PSG dinilai akan menjadi lebih kompleks dengan kedatangan beberapa pemai baru tersebut. Belum lagi jika pada detik-detik terakhir mereka berhasil menebus klausul penjualan Neymar dari Barcelona. Aura persaingan di kompetisi domestik Perancis ini dinilai akan menjadi semakin sengit.

Laga Pembuka, Nice Bertandang ke Markas St. Etienne

Di lain tempat, posisi ketiga klasemen musim lalu, OGC Nice akan berkunjung ke markas St. Etienne di Stadion Geoffroy-Guichard. Laga yang akan digela pada Minggu, 6 Agustus tersebut diprediksi akan berlangsung sengit seiring dengan mental juang Nice yang sedang melambung tinggi.

Balotelli akan kembali menjadi andalan Nice musim depan
Balotelli akan kembali menjadi andalan Nice musim depan

Adalah kehadiran sosok Mario Balotelli yang berhasil mengangkat prestasi Nice di musim 2016-2017 silam. Nice yang beberapa musim lalu terbilang kesulitan untuk menginjakan kaki mereka di tiga besar, berhasil mewujudkannya musim kemarin. Semua terwujud sejak kedatangan Balotelli ke Stadion Allianz Riviera. Sepak terjang sang pemain musim lalu berhasil mencuri perhatian publik Perancis.

Terlepas dari semua itu, persaingan keempat raksasa Perancis (PSG, Monaco, Lyon, Marseille) ditambah dengan tim kuda hitam Nice tersebut akan berlangsung sengit. Ajang balas dendam Les Parisien musim lalu atas kekalahan mereka dari Les Rouge et Blanc akan menghiasi kompetisi musim mendatang. Sekaligus menjadi pembuktian bahwa keputusan Monaco menjual kedua bintangnya tidaklah salah.